Trekking Gunung Rinjani Dari Sembalun

sembalun trail

Mendaki ke gunung Rinjani di pulau Lombok atau Trekking gunung Rinjani melalui Desa Sembalun adalah pilihan untuk anda yang ingin mendaki Puncak Rinjani 3.726 meter dan bisa melanjutkan perjalanan turun ke danau Segara Anak dan kembali ke Sembalun atau melanjutkan petualangan mendaki ke pelawangan Senaru dan turun ke desa Senaru di Lombok Utara atau pelawangan Timbanuh kemudian bisa mendaki puncak Selatan 3.500 meter kemudian turun ke desa Timbanuh di Lombok Timur.

Untuk mencapai desa Sembalun sangat mudah karena fasilitas transportasi umum dari semua pintu kedatangan di pulau lombok tersedia, lengkapnya baca di Jalan ke Gunung Rinjani Melalui Timba Nuh, Sembalun dan Senaru

trekking gunung rinjani
Danau Segara Anak dan Gunung Baru Jari

Opsi pendakian yang bisa di lakukan melalui desa Sembalun sbb :

  • a. Satu hari ke puncak Gunung Rinjani
  • b. 2 Hari / 1 Malam ke puncak Rinjani kembali ke Sembalun
  • c. 3 Hari / 2 Malam ke puncak, Danau, pelawngan Senaru dan finish di Senaru
  • d. 4 Hari / 3 Malam ke puncak, Danau, pelawngan Senaru dan finish di desa Senaru
  • e. 5 Hari / 4 Malam ke puncak, danau, gunung Baru Jari, puncak Selatan finish desa Timbanuh

Rincian singkat opsi pendakian dari Sembalun :

a. Satu Hari ke puncak gunung Rinjani :

Program ini khusus untuk pendaki yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan phisik yang prima, mampu berjalan naik dan turun selama 12 jam, start dari Sembalun biasanya tengah malam pkl 00.00 dan langsung menuju pelawangan Sembalun, puncak dan kembali ke Sembalun.

b. Mendaki Rinjani 2 hari 1 malam ke pelawngan Sembalun dan puncak Rinjani :

Program 2 hari 1 malam ke pelawangan Sembalun dan puncak Rinjani untuk anda yang memiliki kemampuan phisik yang prima dan mampu berjalan perhari selama 9 jam. Start dari desa Sembalun 1.100 meter asl langsung menuju pelawangan di ketinggian 2.639 meter di atas permukaan laut dan berkemah di sini. Pada hari ke dua pada pukul 3.00 pagi start menuju puncak Rinjani kemudian kembali ke pelawangan dan langsung turun menuju desa Sembalun.

c. Mendaki Rinjani 3 hari 2 malam Puncak, Danau, pelawangan Senaru :

Program ini paling banyak di pilih oleh pendaki dari luar negeri karena mengunjungi semua objek wisata di gunung Rinjani dalam waktu 3 hari. Start dari desa Sembalun langsung menuju pelawangan Sembalun, hari kedua mendaki ke puncak, turun kedanau dan mandi di air panas kemudian berkemah di pinggir danau atau langsung mendaki ke pelawangan Senaru dan bemalam. Hari ke tiga langsung turun menuju desa Senaru.
Program ini membutuhkan phisik yang prima untuk mampu berjalan naik turun selama 3 hari dengan rata rata perhari berjalan selama 8,5 jam.

kolam air panas
Kolam Air Panas dekat danau Segara Anak

d. Mendaki Rinjani 4 hari 3 malam Puncak, danau, pelawangan Senaru :

Program ini paling populer karena mengunjungi semua objek wisata yang ada di gunung Rinjani dan dengan waktu tempuh selama 4 hari bisa menikmati keindahan gunung Rinjani. Program ini anda akan bemalam di pelawngan Sembalun, danau dan pelawnagan Senaru kemudian turun ke desa Senaru dengan waktu berjalan rata rata perhari 6 jam dan cocok untuk pendaki pemula.

e. Mendaki Rinjani 5 hari 4 malam, Puncak, danau, gunung Baru Jari, pelawangan Timbanuh :

Program ini adalah program baru yang memberikan banyak tantangan dan pengalaman lebih di banding dengan program lainnya di gunung rinjani karena selain anda mendaki ke puncak rinjani, mandi di air panas anda akan mendaki gunung Baru Jari, mandi di kolam air panas di lereng gunung baru yang bersih dan alami juga bermalam di pelawangan Timbanuh dan jika masih mampu anda bisa mendaki ke puncak selatan gunung Rinjani dengan keinggian 3.150 meter asl.

kolam air panas
Kolam air panas di lereng gunung Baru Jari

Memilih program ini minimal anda harus menguasai teknik dasar panjat tebing, karena di beberapa jalur antara danau menuju gunung baru anda di haruskan meniti tebing dan juga untuk mendaki pelawangan Timbanuh yang curam juga di butuhkan kemampuan dasar panjat tebing di samping phisik yang prima.
Start dari desa Sembalun di 1.100 m asl menuju ke pelawangan 2.639 m asl untuk bermalam dan hari ke dua mendaki ke puncak 3.726m asl kemudian turun ke danau 2.000m asl dan bemalam di sini. Hari ke tiga mendaki ke gunung Baru Jari, mandi di kolam air panas dan bermalam, kemudian hari ke empat mendaki ke pelawngan Timbanuh 2.600m asl untuk bekemah disini dan pada hari ke lima mendaki ke puncak selatan 3.150m asl kemudian turun ke desa Timbanuh 900m asl.

puncak selatan g rinjani
Pemandangan dari pelawangan Timbanuh

Informasi pendakian gunung Rinjani dari Sembalun di atas mungkin bisa memberikan sedikit tambahan informasi untuk anda yang belum pernah mendaki gunung Rinjani dan berencana akan mendaki gunung Rinjani bisa mempersiapkan dan memilih program yang cocok dengan kemampuan phisik dan waktu yang tersedia. semoga bermanfaat – selamat berpetualang!

Recommended Trek Organizer :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =